Cendikia Pendidikan
Vol. 11 No. 2 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan

PROGRAM EDUKASI MEMBANGUN KARAKTER PADA REMAJA SMPN 5 TAMBUN SELATAN GUNA MENCEGAH PENYEBARAN HOAX DAN UJARAN KEBENCIAN DI MEDIA SOSIAL

Faradila Amulia Putri (Unknown)
Anita Rismelani (Unknown)
Esra Jelita Dumariah Sidabutar (Unknown)
Destania Eka Putri (Unknown)
Nehemia Rotua Simbolon (Unknown)
Rijal Abdillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai seberapa efektif program edukasi membangun karakter pada siswa SMP dalam menghentikan penyebaran hoaks dan ujaran kebencian di media sosial. Penelitian deskriptif kuantitatif ini melibatkan 31 siswa yang dipilih secara acak dari SMPN 5 Tambun Selatan. Data dikumpulkan melalui kuesioner tertutup, dan statistik deskriptif digunakan untuk menganalisisnya. Pemaparan materi, diskusi, dan pengisian kuesioner adalah semua bagian dari program edukasi. Hasil menunjukkan bahwa siswa lebih menyadari ancaman hoaks dan ujaran kebencian. Sebagian besar siswa menyadari hoaks dan terlibat dalam melaporkan konten negatif di media sosial. Kesimpulan menunjukkan bahwa literasi digital sangat penting untuk membangun perilaku kritis dan etis dalam menggunakan media sosial.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...