Cendikia Pendidikan
Vol. 11 No. 2 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan

ANALISIS STRATEGI DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Suci Arwindi (Unknown)
Akhmad Syaifulloh (Unknown)
Nadya Marchani (Unknown)
Ahmad Arif Fadilah (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2025

Abstract

Strategi pembelajaran discovery learning menempatkan siswa sebagai subjek aktif dalam pembelajaran, mendorong berpikir kritis, kreativitas, dan kemandirian. Studi perpustakaan dan penelitian kualitatif menunjukkan potensi peningkatan pemahaman konsep melalui partisipasi aktif siswa dalam proses penemuan. Peran guru sebagai fasilitator sangatlah penting, memerlukan persiapan yang matang termasuk penyediaan sumber belajar yang memadai. Namun keberhasilannya bergantung pada faktor-faktor seperti kesiapan siswa dan kemampuan guru dalam memfasilitasi proses penemuan. Hasil dari penilitian ini bahwa strategi belajar mengajar menggunakan dicovery learning berpotensi meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Discovery Learning, Strategi, Fasilitator

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...