Cendikia Pendidikan
Vol. 11 No. 7 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan

KONSEP, RUANG LINGKUP, DAN SUMBER-SUMBER ILMU PENDIDIKAN ISLAM

Dicky Darmawan (Unknown)
Muhammad Murojab (Unknown)
Aisyah Haryati (Unknown)
Siti Aisyah (Unknown)
Maspuroh, Maspuroh (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini membahas konsep, lingkup, dan sumber ilmu pendidikan Islam dengan fokus utama pada peran pendidikan Islam dalam membentuk karakter serta landasan teoritis yang mendasarinya. Pendidikan Islam tidak hanya berfungsi sebagai media penyampaian pengetahuan agama, tetapi juga sebagai sarana pembentukan akhlak dan nilai-nilai moral yang kokoh. Pembahasan ini mencakup sumber-sumber utama pendidikan Islam, seperti Al-Qur'an, Hadits, serta pemikiran para ulama terdahulu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur yang mendalam, bertujuan untuk menganalisis peran pendidikan Islam di era modern. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam memiliki fleksibilitas dalam penerapannya yang dapat disesuaikan dengan tantangan zaman tanpa menghilangkan esensi ajaran agama.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...