Cendikia Pendidikan
Vol. 11 No. 8 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan

PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS III DI SDN LARANGAN 11 KOTA TANGERANG

Putri Dwi Mariana (Unknown)
Deanira Chantika (Unknown)
Noor Said, Fachri (Unknown)
Sulastri (Unknown)
Nuraeni, Yeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana kontribusi guru dalam meningkatkan ketertarikan belajar siswa di kelas III pada SDN Larangan 11, yang terletak di Kota Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Para informan dalam penelitian ini meliputi guru, murid, dan orang tua murid. Lokasi penelitian dilaksanakan di SDN Larangan 11 Kota Tangerang. Teknik pengumpulan data yang diterapkan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan tinjauan dokumen. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru telah dilaksanakan dengan cukup baik. Upaya yang dilakukan oleh guru mencakup pendekatan kepada siswa dan orang tua, menambah referensi untuk materi pelajaran, serta memanfaatkan media pengajaran. Ketertarikan belajar siswa di kelas III tampak relatif rendah. Ini terlihat ketika siswa menunjukkan semangat saat mengikuti pelajaran yang mereka sukai, tetapi kadang mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas, serta kurang fokus saat belajar. Kata kunci: Peran Guru, Minat Belajar, Guru Kelas, Pembelajaran, Bahasa Indonesia

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...