Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan, kepemimpinan, dan tanggung jawab, dengan fokus pada bagaimana faktor-faktor ini berkontribusi terhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan berkualitas. Kualitas pendidikan sangat penting dalam menghadapi tantangan dunia yang berubah dengan cepat, terutama di sektor pendidikan yang langsung berdampak pada masa depan kita. Untuk mencapai pendidikan berkualitas, kepemimpinan yang efektif di institusi pendidikan sangatlah krusial, dan kepala sekolah memegang peran penting sebagai penggerak utama dalam perbaikan pendidikan. Tugas kepala sekolah tidak hanya terbatas pada fungsi seremonial dan tugas administratif seperti menandatangani surat masuk; tanggung jawab utama mereka adalah memastikan dan meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Secara spesifik, peran kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan meliputi pemantauan dan evaluasi secara terus-menerus terhadap efektivitas program, perencanaan dan koordinasi tindakan strategis yang selaras dengan misi sekolah, serta membina komunikasi intensif dengan guru, siswa, orang tua, dan masyarakat luas. Upaya-upaya ini sangat penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mencapai tujuan pendidikan sekolah.
Copyrights © 2024