Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 11 (2024): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK SMA AL-ISHLAH PONTIANAK

Anarty, Nuri Natasah (Unknown)
Suriyana, Suriyana (Unknown)
Fitriana, Ika Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk melihat seberapa jauh pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan pemecahan peserta didik SMA Al-Ishlah Pontianak. Penelitian ini menerapkan desain eksperimen semu dengan melibatkan seluruh peserta didik kelas XI (18 peserta didik) sebagai sampel penelitian. Alhasil, penelitian ini menerapkan teknik sensus atau pengambilan sampel total. Pemungutan data dilaksanakan dengan menggunakan instrumen tes sehingga bisa mengukur kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah yang berkaitan dengan materi yang telah dipelajari, serta observasi terhadap keterlaksanaan rencana pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan uji paired sample t-test setelah memenuhi asumsi normalitas dan homogenitas varians. Hasil uji statistik memperlihatkan adanya pengaruh dari model reciprocal teaching terhadap kemampuan pemecahan masalah, dengan nilai signifikansi 0,000 (sig < 0,05). Secara lebih spesifik, rata-rata nilai peserta didik pada pertemuan pertama meningkat dari 18,83 menjadi 88,33, pada pertemuan kedua dari 18,44 menjadi 88,5, dan pada pertemuan ketiga dari 18,77 menjadi 88,77.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...