Journal of Applied Statistics, Mathematics, and Data Science
Vol. 2 No. 2 (2024):

PENGARUH MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP NILAI MATEMATIKA SISWA SMA ISLAM JEMBER MENGGUNAKAN METODE REGRESI LINIER SEDERHANA

Masruroh, Zuwidatul (Unknown)
Retnowardani, Dwi Agustin (Unknown)
Hariadi, Wigid (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2025

Abstract

SMA Islam Jember ini merupakan salah satu sekolah menengah atas swasta yang mampu menciptakan kualitasnya sendiri dengan berbagai prestasi dari siswa-siswinya dan juga berbagai esktra kulikuler yang mendukung daya kreatifitas siswa. Lembaga pendidikan ini telah memfasilitasi siswanya dengan fasilitas yang cukup memadai. Namun, kehadiran media sosial saat ini seperti Instagram, TikTok, Twitter , dll seringkali memicu penurunan pada prestasi juga daya minat belajar siswa pada umumnya. Karena bermain media sosial secara berlebih akan sangat mengganggu pola pikir siswa. Maka penelitian ini, untuk menganalisa pengaruh sosial media terutama TikTok pada prestasi siswa di SMA Islam Jember terutama pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dan dari analisis tersebut dapat diperoleh hasil bahwa pengaruh media sosial Tiktok terhadap nilai Matematika siswa di SMA Islam Jember berpengaruh signifikan pasalnya akan ada penurunan pada nilai Matematika setiap kali siswa menggunakan Tiktok, dan saat siswa tidak menggunakan aplikasi Tiktok maka nilai Matematikanya akan mengalami peningkatan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

estimator

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Mathematics

Description

ESTIMATOR: Journal of Applied Statistics, Mathematics, and Data Science merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Statistika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas PGRI Argopuro Jember. Jurnal ini akan terbit dua kali dalam setahun dengan ruang lingkup penelitian mengenai bidang kajian ...