Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi
Vol 7 No 2 (2024): Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi

Peran Guru Kelas Sebagai Pelaksana Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Di SD Negeri Cening 2

Anwar, Haerul (Unknown)
Nurmala, Meilla Dwi (Unknown)
Wahyuningsih, Lenny (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui peran guru sebagai pelaksana BK dalam mengatasi kesulitan belajar di SDN Negeri Cening 2. (2) mengetahui kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik di SDN Negeri Cening 2. (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru kelas sebagai pelaksana bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar di SD Negeri Cening 2. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif, metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi/ pengamatan, wawancara dan metode pengumpulan data lainnya. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Guru kelas bertindak sebagai pembimbing, pengasuh, dan orang pertama yang menyadari jika ada masalah pada peserta didik. Selain itu seorang guru kelas juga harus mengerti karakter dan kondisi yang dialami siswanya, sehingga dapat memberikan bimbingan yang tepat terhadap kesulitan belajar peserta didiknya. (2) Masalah utama yang ditemukan adalah kesulitan membaca. Hal ini dipengaruhi oleh faktor dalam diri siswa (minat baca) dan faktor luar (keluarga, sekolah, masyarakat). (3) Faktor pendukung pelaksanaan bimbingan dan konseling di SD Kesadaran guru dan kemampuan berkomunikasi dengan baik dengan peserta didik dan orang tua, sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya pelatihan dan pengetahuan guru serta kurangnya sarana dan prasarana yang memadai.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ES

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Edu Sociata adalah jurnal program studi pendidikan sosiologi STKIP Bima yang merupakan jurnal online (online journal system), dimana para dosen dapat mempublikasikan hasil penelitiannya secara berkala. Di jurnal ini para dosen aktif melakukan penelitian sebagaimana tuntutan Tri Dharma Perguruan ...