Bahasa Indonesia untuk penutur asing (BIPA) merupakan suatu program yang dirancang khusus untuk memberikan pembelajaran bagi penutur asing yang hendak mempelajari bahasa Indonesia. Antusiasme warga negara asing mengalami peningkatan dalam mempelajari Bahasa Indonesia dengan peningkatan tiap tahunnya, tetapi sayangnya tidak bertambahnya bahan ajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-book digital keterampilan membaca Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) guna meningkatkan literasi mahasiswa asing tingkat menengah. Pendekatan pengembangan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Analisis awal dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan literasi mahasiswa asing tingkat menengah dalam membaca teks Bahasa Indonesia. Desain e-book dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik mahasiswa asing, termasuk elemen-elemen multimodal seperti teks, gambar, audio, dan video. Proses pengembangan melibatkan pembuatan konten e-book yang mendukung pengembangan keterampilan membaca dan pemahaman bahasa Indonesia. Pemanfaatan teknologi digital diintegrasikan untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang interaktif dan beragam. Implementasi e-book dilaksanakan melalui sesi pembelajaran yang melibatkan pemelajar BIPA. Respons dan tanggapan mahasiswa terhadap e-book diamati untuk mengevaluasi efektivitasnya. Evaluasi dilakukan untuk menilai keberhasilan pengembangan e-book keterampilan membaca BIPA. Data dari evaluasi digunakan untuk mengidentifikasi perbaikan yang diperlukan guna meningkatkan kualitas e-book. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan e-book dalam meningkatkan literasi mahasiswa asing dalam membaca teks Bahasa Indonesia. E-book ini juga dapat digunakan secara mandiri untuk mahasiswa asing dalam meningkatkan literasi bahasa Indonesia. Bahan ajar digital ini dapat dijadikan sumber referensi untuk pengembangan metode pembelajaran BIPA berbasis teknologi di tingkat perguruan tinggi.
Copyrights © 2024