Instrumen penilaian merupakan suatu alat yang dipergunakan untuk melakukan proses evaluasi atau proses penilaian, baik berupa tes ataupun non-tes. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru terhadap penggunaan instrumen penilaian pada Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di TK Bungong Seleupoek. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan persepsi guru terhadap penggunaan instrumen penilaian pada Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Dimana alasan perbedaan persepsi ini dikarenakan kurangnya pemahaman guru terhadap penggunaan instrumen penilaian Kurikulum Merdeka, dikarenakan pengaplikasian Kurikulum Merdeka di TK Bungong Seleupoek masih dalam jangka waktu yang singkat. Berbeda dengan pengaplikasian Kurikulum 2013 di TK Bungong Seleupoek yang sudah berlangsung dalam jangka waktu yang lama.
Copyrights © 2024