Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia
Vol 4 No 5 (2024): JPMI - Oktober 2024

Upaya Peningkatan Kepatuhan Petugas terhadap Ketepatan Identifikasi Pasien di RSUD Dr. Soeratno Gemolong Sragen

Pujilestari, Agustina (Unknown)
Surya, Nella Tri (Unknown)
Rahardjoputro, Rolando (Unknown)
Zahro, Khauliya Mufarikha (Unknown)
Saputri, Amalia Nur Hikmah (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2024

Abstract

Implementasi manajemen risiko sudah sangat jelas tertuang menjadi salah satu elemen penilaian dalam standar akreditasi rumah sakit, yaitu pada standar peningkatan mutu dan keselamatan pasien.  Salah satu risiko yang menjadi isu penting yang diangkat di RSUD dr. Soeratno Gemolong adalah Ketepatan Identifikasi Pasien pada saat Pelayanan. Ketepatan identifikasi pasien merupakan risiko yang terbilang sangat riskan apabila sampai terjadi, karena hal tersebut tentu akan berdampak langsung pada Keselamatan Pasien. Oleh karena itu kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan petugas terhadap ketepatan identifikasi pasien. Metode yang digunakan sebagai upaya peningkatan kepatuhan identifikasi pasien yaitu dengan metode ceramah dengan lembar observasi sebagai instrument untuk mengukur keberhasilan kegiatan. Bedasarkan kegiatan pengabdian Masyarakat yang telah terlaksana diperoleh bahwa petugas pelayanan yang diobservasi telah melaksanakan prosedur identifikasi pasien sesuai dengan SOP. Pelayanan dengan memperhatikan prosedur ketepatan identifikasi pasien sangat penting untuk dimonitor setiap periodenya karena berdampak langsung pada efektivitas pelayanan pengobatan pada pasien.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmi

Publisher

Subject

Humanities Education Engineering Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan. JPMI terbit dua bulan sekali, yaitu ...