Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan mengukur validias dan reliabilitas inventori karir agar dapat digunakan secara valid dan reliabel dan mampu mengukur kecendrungan karir peserta didik di sekolah menengah Atas. Inventori karir ini berbasis teori Holland, dengan 6 tipe kepribadian karir disingkat RIASEC (Realistic, Investigatif, Artistic, Sosial, Enterpreneursip, Conventional) sehingga diberi nama I.RIASEC. Metode penelitian ini menggunakan penelitian research and developmentĀ dengan 465 responden dan 2 orang ahli. Hasil penelitian ditemukan nilai indeks validitas konten tinggi dan diterima 114 butir dari 119 butir yang diajukan dan hasil validitas konstruk butir akhir yang diterima sebanyak 109 butir pernyataan I.Riasec, dengan nilai reliabilitas pada kategori tinggi. Sehingga disimpulkan inventori karir berbasis teori Holland pada Pendidikan di Indonesia (I.RIASEC) valid dan reliabel untuk digunakan pada peserta didik di Sekolah Menengah Atas.Kata Kunci: Karir; Kepribadian; Validitas; Reliabilitas
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024