Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas metode sosiodrama berbasis cerita rakyat dalam meningkatkan keterampilan prososial anak usia dini. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one group pretest-posttest, penelitian melibatkan 10 anak usia 5-6 tahun di PAUD. Metode sosiodrama diterapkan menggunakan cerita "Timun Emas dan Buto Ijo". Data dikumpulkan melalui observasi dan lembar kerja pretest-posttest, dianalisis menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil menunjukkan nilai Z sebesar -2.810 dengan Asymp.Sig 0,001 < 0,05, mengindikasikan pengaruh signifikan metode sosiodrama berbasis cerita rakyat terhadap peningkatan keterampilan prososial anak di PAUD Griya Ananda Tegalgondo. Penelitian ini memberikan wawasan baru tentang efektivitas penggunaan cerita rakyat dalam pengembangan keterampilan sosial anak usia dini.
Copyrights © 2025