Indonesian Journal of Education and Development Research
Vol 3, No 1 (2025): Januari 2025

Mengenal Konsep Dasar Geometri dan Statistika Dasar di Tingkat SD

Mailani, Elvi (Unknown)
Ketaren, Maya Alemina (Unknown)
Putri, Alya Sania (Unknown)
Sormin, Eunike Gracia (Unknown)
Rahmayani, Rahmayani (Unknown)
Purba, Rani Natalia (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2024

Abstract

Matematika merupakan fondasi penting dalam pengembangan kognitif anak. Di tingkat Sekolah Dasar (SD), pengenalan konsep dasar matematika seperti geometri dan statistika sangat krusial. Metode dalam penelitian ini menggunakan SLR atau systematic literature review yang biasa digunakan untuk melakukan identifikasi dan review terhadap jurnal secara sistematis, serta mengikuti semua tahap yang sudah ditetapkan (Triandini, dkk., 2019). Data ini berhubungan dengan pokok pembahasan yaitu, pengenalan dasar geometri, macam-macam bangun ruang, dan bangun datar di sekolah dasar. Mempelajari konsep dasar matematika geometri untuk sekolah dasar (SD) merupakan langkah awal siswa untuk memahami bangun ruang, dan bangun datar. Pengenalan ini membantu siswa memvisualisasikan bentuk-bentuk geometri tersebut, sehingga mereka lebih mudah memahami dan mengerjakan soal-soal terkait geometri bangun ruang dan bangun datar. Macam-macam bangun datar punya beragam bentuk. Pengenalan konsep dasar geometri dan statistika dasar di tingkat Sekolah Dasar (SD) sangat penting untuk membangun fondasi pemahaman matematika yang kuat pada siswa. Konsep dasar geometri, seperti bentuk, ukuran, dan ruang, membantu siswa untuk memahami lingkungan sekitar mereka dan mengembangkan kemampuan berpikir spasial. Sementara itu, statistika dasar, yang mencakup pengumpulan, pengolahan, dan analisis data, memberikan siswa keterampilan untuk memahami informasi yang mereka temui dalam kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IJEDR

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research dengan nomor ISSN terdaftar 3025-2385 (Cetak) dan 3025-2393 (Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research bertujuan untuk ...