Munculnya Sekolah Islam Terpadu merupakan Respon terhadap ketidakpuasan dari aktivis Gerakan Islam oleh system Pendidikan nasional yang ada di Indonesia. Penelitian ini ditulis untuk memberikan pengetahuan tentang kebijakan Pendidikan Islam di sekolah Islam Terpadu dan menjawab bagaimana posisi sekolah Islam Terpadu dalam Sistem Pendidikan nasional Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian Kualitatif, datanya di dapatkan dari sumber seperti buku, Artikel dan sumber-sumber terpercaya lainnya yang berkaitan dengan kebijakan Pendidikan Islam di sekolah Islam Terpadu. Penulis menyimpulkan bahwa Sekolah Islam Terpadu merupakan sekolah yang mengimplementasikan konsep Pendidikan Islam yang berlandaskan Al-Qur’an dan As Sunnah. Dalam aplikasinya sekolah Islam terpadu diartikan sebagai sekolah yang menerapkan pendekatan penyelenggaraan dengan memadukan Pendidikan umum dan Pendidikan agama menjadi satu jalinan kurikulum. Sekolah Islam terpadu juga menekankan keterpaduan dalam metode pembelajaran sehingga dapat mengoptimalkan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Sekolah Islam terpadu juga memadukan Pendidikan aqliyah, ruhiyah dan jasadiyah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025