Indonesian Journal of Education and Development Research
Vol 3, No 1 (2025): Januari 2025

Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca pada Tugas CJR Manajemen Mahasiswa Universitas Negeri Medan

Siallagan, Lasenna (Unknown)
Pangaribuan, Alexander Sabastian (Unknown)
Fikri, Muhammad Ilham (Unknown)
Tambunan, Rahel Marito (Unknown)
Ramadhani, Aulia (Unknown)
Manurung, Indah Safitri (Unknown)
Kartika, Rina (Unknown)
Tumanger, Salamah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi kesalahan tanda baca dalam tugas Critical Journal Review (CJR) mahasiswa Manajemen Universitas Negeri Medan. Penggunaan tanda baca yang tepat sangat penting untuk kejelasan komunikasi akademis. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengobservasi tujuh tugas CJR dan menemukan 21 kesalahan tanda baca, terbanyak pada tanda koma (7) dan tanda tanya (4). Temuan ini menunjukkan kurangnya pemahaman mahasiswa tentang aturan tanda baca. Rekomendasi yang diusulkan mencakup peningkatan kualitas pengajaran penulisan akademis untuk memperbaiki pemahaman dan penggunaan tanda baca yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk berkontribusi pada pengembangan metode pengajaran dan peningkatan keterampilan menulis mahasiswa, sehingga pemahaman yang lebih baik tentang tanda baca dapat memperkuat kemampuan komunikasi mereka dalam konteks akademis dan profesional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IJEDR

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research dengan nomor ISSN terdaftar 3025-2385 (Cetak) dan 3025-2393 (Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research bertujuan untuk ...