Indonesian Journal of Education and Development Research
Vol 3, No 1 (2025): Januari 2025

Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Media Quizizz Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa SMP Pada Teks Cerita Rakyat

Pulungan, Hoirina (Unknown)
Nanda, Sabrina Pramesuary Dwi (Unknown)
Sulistyani, Shiwi (Unknown)
Maharani, Tia (Unknown)
Amalia, Nadra (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2024

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui keefektivitasan model pembelajaran berbasis media Quizizz dalam meningkatkan kognitif siswa SMP pada teks cerita rakyat. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif, dengan data primer hasil observasi dari penyebaran angket. Angket dibagikan melalui media AI Quizizz, berisi 10 butir pertanyaan yang terbagi dalam tiga komponen, yaitu materi teks cerita rakyat, media video, dan penggunaan video sebagai media ajar teks ceita rakyat. Berdasarkan teori pembelajaran konstruktivis, penelitian ini menghipotesiskan bahwa sifat interaktif dan menarik dari Quizizz akan mendorong pemahaman yang lebih mendalam tentang cerita rakyat. Temuan penelitian mengungkapkan peningkatan signifikan dalam skor post-test siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa Quizizz adalah alat yang efektif untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa dalam konteks pemahaman cerita rakyat. Temuan ini berkontribusi pada semakin banyaknya penelitian yang mendukung integrasi teknologi dalam pendidikan, khususnya untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan hasil belajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IJEDR

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research dengan nomor ISSN terdaftar 3025-2385 (Cetak) dan 3025-2393 (Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research bertujuan untuk ...