Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi
Vol 8 No 2 (2024): JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA AL QALASADI

Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif pada Materi Matematika Sekolah: Studi Kasus Calon Guru Matematika

Dwi Rahmawati, Novia (Unknown)
Ramadhani, Rahma (Unknown)
Sa’adah, Nihayatus (Unknown)
Rodliyah, Iesyah (Unknown)
Mufarrihah, Iftitaahul (Unknown)
Saraswati, Sari (Unknown)
Khabibah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah mendeskrisikan kemampuan berpikir kritis matematis calon guru matematika ditinjau dari gaya kognitif. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak 4 subjek untuk masing-masing kategori Field Dependent Lemah (FDL), Field Dependent Kuat (FDK), Field Independent Lemah (FIL) dan Field Independent Kuat (FIK). Teknik pengumpulan data menggunakan Group Embedded Figures Test (GEFT), tes kemampuan generalisasi matematis dan wawancara. Analisis tes kemampuan berpikir kritis mengacu pada indikator Facione yaitu Interpretation, Analysis, Evaluation, Inference, Explanation, Self-Regulation. Hasil Penelitian menyatakan (1) subjek FDL belum memiliki semua kecakapan indikator kemampuan berpikir kritis matematis yaitu Interpretation sudah mampu akan tetapi untuk Analysis, Evaluation Inference, Explanation, Self-Regulation belum mampu; (2) subjek FDK belum memiliki semua kecakapan indikator kemampuan berpikir kritis matematis yaitu Interpretation, Analysis, Evaluation sudah mampu akan tetapi untuk Inference, Explanation, Self-Regulation belum mampu; (3) subjek FIL sudah memiliki semua kecakapan indikator kemampuan berpikir kritis matematis yaitu Interpretation, Analysis, Evaluation, Inference, Explanation, Self-Regulation akan tetapi belum begitu sempurna; (4) subjek FIK sudah memiliki semua kecakapan indikator kemampuan berpikir kritis matematis yaitu Interpretation, Analysis, Evaluation, Inference, Explanation, Self-Regulation begitu sempurna. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa FD dapat diperbaiki dengan pelatihan yang melibatkan diskusi reflektif dan pemecahan masalah dapat mengurangi dampak field dependence, penggunaan alat teknologi, seperti platform pembelajaran online yang mendukung interaksi aktif, dapat meningkatkan keterlibatan peserta field dependent dan mendukung pengembangan keterampilan berpikir kritis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

qalasadi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (JAQ) welcomes any papers on mathematics education, teaching mathematics in any technical knowledge domain: original theoretical works, literature reviews, research reports, social issues, psychological issues, curricula, learning environments, research in an ...