Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu “Bagaimanakah peningkatan kemampuan anak cerebral palsy kelas X SLB YPAC Makassar dibidang otomotif Light Service Motorcycle Engines setelah diberikan model pembelajaran langsung?” penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan hasil belajar otomotif light service motorcycle engines menggunakan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan tes perbuatan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa cerebral palsy kelas X di SLB YPAC Makassar. Teknik analisis data yaitu teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan otomotif light service motorcycle engines pada murid cerebral palsy di SLB YPAC Makassar sebelum diberikan treatmen berada dalam kategori kurang mampu. Setelah diberikan treatment berada pada kategori mampu. Artinya terdapat kemampuan otomotif light service motorcycle engines pada murid cerebral palsy di SLB YPAC Makassar dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Kesimpulan penelitian ini yaitu penggunaan metode pembelajaran langsung terbukti efektif dapat meningkatkan kemampuan otomotif light service motorcycle engines pada murid cerebral palsy di SLB YPAC Makassar.
Copyrights © 2023