JURNAL ORTO DIDAKTIKA


PENGEMBANGAN MEDIA KARTU 3D BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENGENALKAN HURUF VOKAL PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS 1 SLB PRIMAKARYA MAKASSAR

Tri Ditha Melany (Universitas Negeri Makassar)
Bastiana Bastiana (Universitas Negeri Makassar)
Abdul Hadis (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
29 May 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini bertujuan mengembangkan media dalam proses pembelajaran siswa disabilitas Tunagrahita ringan dalam pengenalan huruf vokal. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D, augmented reality dalam pembuatan media. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Tahap pembuatan media memiliki empat tahapan, empat tahap pengembangan yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate, untuk mengaktualkan media di lapangan. Tahapan meliputi perancangan, pengembangan, evaluasi, dan menyebarkan media mengenalkan huruf vokal pada anak tunagrahita ringan kelas 1 Sekolah Luar Biasa primakarya makassar untuk guru dalam pendidikan khusus di sekolah. Pengujian kelayakan media di lakukan oleh dua ahli instumen dan media dengan hasil hitung 98,7 persen kategori sangat baik, dan juga hasil data dari responden guru di sekolah luar biasa prima karya makassar menunjukkan hasil 79 persen, dengan data tersebut maka media mengenalkan huruf vokal pada anak tunagrahita ringan kelas 1 Sekolah Luar Biasa primakarya makassar dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran bagi siswa disabilitas grahita ringan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

odeka

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Luar Biasa memuat tulisan tentang pendidikan luar biasa baik berupa pemikiran dan maupun hasil-hasil penelitian baik dari kalangan dosen maupun mahasiswa. Penerbitan jurnal ini bertujuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas serta menyebarluaskan kajian ...