Penelitian ini merupakan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini bertujuan mengembangkan media dalam proses pembelajaran siswa disabilitas Tunagrahita ringan dalam pengenalan huruf vokal. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D, augmented reality dalam pembuatan media. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Tahap pembuatan media memiliki empat tahapan, empat tahap pengembangan yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate, untuk mengaktualkan media di lapangan. Tahapan meliputi perancangan, pengembangan, evaluasi, dan menyebarkan media mengenalkan huruf vokal pada anak tunagrahita ringan kelas 1 Sekolah Luar Biasa primakarya makassar untuk guru dalam pendidikan khusus di sekolah. Pengujian kelayakan media di lakukan oleh dua ahli instumen dan media dengan hasil hitung 98,7 persen kategori sangat baik, dan juga hasil data dari responden guru di sekolah luar biasa prima karya makassar menunjukkan hasil 79 persen, dengan data tersebut maka media mengenalkan huruf vokal pada anak tunagrahita ringan kelas 1 Sekolah Luar Biasa primakarya makassar dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran bagi siswa disabilitas grahita ringan.
Copyrights © 2024