Journal in Teaching and Education Area
Vol. 1 No. 3 (2024): JITERA - Journal in Teaching and Education Area

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran IPAS Kelas V Melalui Pendekaan Pembelajaran Berdiferensiasi

Hilda Deswita (Unknown)
Siregar, Nasyariah (Unknown)
Hardi, Sean Popo (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPAS melalui penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi terhadap kelas V A di Madrasah Ibtidaiyah Rahmatullah Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan desain penelitian model Kemmis & Taggart Mc dilakukan dalam 3 siklus tindakan. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024, yaitu pada bulan April. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V A Madrasah Ibtidaiyah Rahmatullah Kota Jambi yang terdiri dari dari 23 peserta didik. Objek penelitian ini yaitu kemampuan berpikir kritis peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan tes. Data dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dapat dilihat dari nilai rata-rata berpikir kritis peserta didik pada siklus I sebesar 75,35 (kategori kritis). Kemudian pada siklus II meningkat menjadi 78,61 (kategori kritis). Adapun peningkatan lagi pada siklus III mencapai rata-rata 85,14 (kategori sangat kritis). Hal ini terjadi dengan mengalami peningkatan sebesar 9,79. Dengan demikian penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran IPAS dapat meningkatkan berpikir kritis peserta didik kelas V A Madrasah Ibtidaiyah Rahmatullah Kota Jambi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jitera

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal in Teaching and Education Area is a double-blind, peer-reviewed, open-access journal in the Education and Teaching area. This journal is initialled as JITERA. JITERA journal provides an academic forum for researchers interested in discussing current and future educational and teaching ...