EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 4 (2024)

Buku Cerita Bergambar dengan Tema Ramadhan untuk Menanamkan Nilai Agama Anak

Dewi, Kurnia (Unknown)
Anggreani, Chresty (Unknown)
Imtihana, Aida (Unknown)
Yulyanti, Yulyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2024

Abstract

Pemanfaatan media pembelajaran yang terbatas dan belum bervariasi menyebabkan pembelajaran menjadi monoton, peserta didik cenderung kurang tertarik sehingga penanaman nilai agama kurang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan buku cerita bergambar dengan tema Ramadhan yang dapat menginspirasi anak usia 5-6 tahun untuk menanamkan nilai-nilai dan agama. Tahapan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model 4D (Four-D) yaitu (1) define (pendefinisian), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan), (4) disseminate (penyebaran). Metode pengumpulan data melalui teknik observasi dan angket, sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Keberhasilan pengembangan ini ditinjau dari tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Hasil penelitian pengembangan menunjukan media buku cerita bergambar tema ramadhan layak digunakan untuk penanaman nilai agama pada anak usia 5-6 tahun. Oleh ahli materi kevalidan sebesar 96% kategori sangat valid, ahli desain sebesar 92% kategori valid dan ahli bahasa sebesar 80% kategori valid. Sedangkan hasil tingkat kepraktisan sebesar 92% (sangat praktis) dan tingkat keefektifan sebesar 90% (sangat efektif). Dapat disimpulkan bahwa melalui pengembangan media pembelajaran buku cerita bergambar tema ramadhan dinyatakan valid, praktis dan efektif. Media buku cerita bergambar tema ramadhan dapat digunakan untuk menanamkan nilai dan agama anak usia dini

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...