PPenelitian ini merupakan salah satu bentuk penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kebakkramat melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL). Penelitian terdiri atas 4 tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil dari pelaksanaan 4 siklus yaitu rata-rata persentase hasil belajar pada siklus 1 sebesar 41.17% dan hasil kepercayaan diri dari indikator berani bertanya sebesar 58.82%, berani berpendapat 58,08%, berani menjawab 58,08%, dan berani membuat kesimpulan 56,61%, siklus 2 rata-rata persentase hasil belajar sebesar 64.70% dan hasil kepercayaan diri dari indikator berani bertanya sebesar 67,64%, berani berpendapat 66,17%, berani menjawab pertanyaan 66,17%, dan berani membuat kesimpulan 65,44%., siklus 3 rata-rata persentase hasil belajar sebesar 70.58% dan hasil kepercayaan diri dari indikator berani bertanya sebesar 77,20%, berani berpendapat 75,00%, berani menjawab pertanyaan 76,47%, dan berani membuat kesimpulan 75,00% dan siklus 4 rata-rata persentase hasil belajar sebesar 76.47% dan hasil kepercayaan diri dari indikator berani bertanya sebesar 84,55%, berani berpendapat 82,35%, berani menjawab pertanyaan 80,88%, dan berani membuat kesimpulan 80,88%. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran berbasis masalah (PBL) meningkatkan kinerja akademik dan kepercayaan diri siswa dalam memanfaatkan data di kelas VII D
Copyrights © 2024