Jurnal Penelitian
Vol 5 No 2 (2008): Volume 5 Nomor 2 2008

FORMALISASI DAN TRANSFORMASI PENDIDIKAN PESANTREN

Ahmad Ta'rifin (Unknown)
Muhlisin (Unknown)
Maskhur (Unknown)
Miftahul Ula (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2024

Abstract

Kajian ini menyimpulkan bahwa upaya formalisasi pendidikan pesantren yang dilaksanakan pada beberapa pesantren di Kota Pekalongan dengan orientasi "setengah hati", tidak diikuti pendirian lembaga pendidikan formal, justru berdampak negatif terhadap perkembangan pesantren. Sebaliknya, jika diikuti dengan pendirian lembaga pendidikan formal seperti MTs dan MA maka berpengaruh terhadap perkembangan pesantren secara kondusif. Formalisasi pesantren juga berdampak terhadap pergeseran pola kepemimpinan pesantren, dari kepemimpinan individu ke kepemimpinan kolektif yayasan; dari sistem pendidikan tradisional ke sistem pendidikan persekolahan; dari kurikulum kitab kuning oriented ke kurikulum integrative; dan dari metode tradisional salafi yang kyai oriented (weton, sorogan, hapalan, ceramah) ke metode student oriented (diskusi, resitasi, problem solving, kerja kelompok) dan lain-lain. Yang menarik, ketika pesantren-pesantren yang diteliti memformalisasikan pendidikannya, kurikulum pesantren salaf yang berbasis kitab kuning tetap dipertahankan, sedangkan ilmu umum hanya dijadikan pendukung ilmu agama yang ada di kurikulum salaf. Ilmu umum dipandang sebagai kebutuhan/tantangan modernisasi pendidikan.

Copyrights © 2008






Journal Info

Abbrev

Penelitian

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Aim Jurnal Penelitian is a peer-reviewed journal dedicated to publishing high-quality research on various aspects of religiosity, Islam, and culture in Indonesia. As a predominantly Muslim country, Indonesia is home to a diverse range of local cultures. Islam, which originated outside of Indonesia, ...