IPSSJ
Vol. 1 No. 02 November (2024): Integrative Perspectives of Social and Science Journal

Analisis Evaluasi Usaha Di Bidang Pendidikan Nonformal

Khodijah (Unknown)
Nurwahida (Unknown)
Nuraeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meringkas berbagai jenis evaluasi yang bisa diterapkan dalam usaha pendidikan nonformal. Mengingat tantangan yang dihadapi oleh pelaku usaha pendidikan nonformal, evaluasi menjadi langkah penting untuk mengukur keberhasilan program dan melakukan perbaikan. Melalui studi pustaka, penelitian ini mengidentifikasi beragam model evaluasi yang telah dikembangkan, seperti evaluasi sumatif dan formatif, serta model-model evaluasi yang lebih spesifik seperti CIPP dan CSE. Hasil penelitian menunjukkan keragaman pendekatan dalam evaluasi pendidikan nonformal. Pemahaman yang mendalam terhadap berbagai model evaluasi ini diharapkan bisa memberikan panduan bagi para pelaku usaha pendidikan nonformal dalam menentukan metode evaluasi yang paling cocok dengan kebutuhan dan karakteristik program mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Integrative Perspectives of Social and Science Journal (IPSSJ) dengan E-ISSN 3064-4011 merupakan sebuah jurnal ilmiah nasional yang mempublikasikan artikel hasil penelitian multidisiplin di berbagai bidang ilmu, seperti ilmu sains, teknik, pendidikan, ilmu sosial humaniora, bahasa/linguistik, ...