AbstrakProyek Trash Transformation yang dilaksanakan di UPT SD Bontoala 1 pada kelas VI selama Juli hingga September 2024 merupakan inisiatif inovatif dalam menangani sampah plastik di lingkungan sekolah. Sampah plastik, sebagai salah satu penyebab utama pencemaran lingkungan, menuntut pendekatan kreatif dan edukatif dalam upaya penanggulangannya. Proyek ini dirancang untuk mengajak siswa terlibat langsung dalam kegiatan pengurangan sampah plastik sekaligus memberikan pemahaman yang mendalam mengenai pentingnya kebersihan dan kelestarian lingkungan. Tahapan proyek mencakup persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi, di mana siswa diberi pembekalan tentang dampak negatif sampah plastik serta cara-cara kreatif untuk mengolahnya menjadi produk bermanfaat.Hasil pelaksanaan proyek menunjukkan antusiasme tinggi dari siswa kelas VI A yang terlibat aktif pada setiap tahapan. Mereka bekerja sama dalam mengumpulkan dan memilah sampah plastik di lingkungan sekolah, sehingga melalui keterlibatan langsung ini, siswa tidak hanya belajar tentang kebersihan tetapi juga mampu melihat potensi pemanfaatan sampah plastik yang awalnya dianggap tidak berguna. Melalui kegiatan ini, sampah plastik di lingkungan sekolah berkurang secara signifikan, dan siswa berhasil menghasilkan berbagai produk seperti tempat sampah, tempat tisu, dan tempat pensil dari tutup botol plastik, yang selanjutnya dimanfaatkan di ruang kelas.Proyek ini memberikan dampak positif tidak hanya pada lingkungan sekolah tetapi juga pada proses pembelajaran siswa. Dengan melibatkan siswa dalam kegiatan ini, mereka didorong untuk berpikir kreatif, memecahkan masalah, serta memperoleh keterampilan kewirausahaan melalui pengelolaan sampah menjadi barang bernilai guna. Proyek Trash Transformation ini memberikan bukti bahwa pendidikan lingkungan dapat menjadi sarana efektif dalam meningkatkan kesadaran siswa terhadap isu lingkungan dan menginternalisasi nilai-nilai daur ulang dalam kehidupan sehari-hari.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024