Salah satu solusi bagi masyarakat yang ingin mempelajari bahasa Arab adalah dengan mengambil pelajaran di lembaga kursus. Setiap lembaga khusus kursus tentunya memiliki manajemen pembelajaran yang berbeda-beda. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara deskriptif manajemen program Mahir Bahasa Arab yang dilaksanakan di lembaga kursus Naatiq International Arabiyah. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan mengumpulkan data dengan wawancara, observasi lapangan dan dokumentasi. Langkah-langkah yang digunakan untuk analisis data meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini berupa empat fungsi manajemen, yaitu (1) perencanaan; merancang beberapa program yang sesuai dengan kebutuhan peserta kursus dan menentukan materi serta bahan ajar yang digunakan pada setiap program. (2) pengorganisasian; menentukan pembagian kelas dan pembagian tutor yang mengajar. (3) pelaksanaan; kelas mubtadi' dan mutawassith melaksanakan kegiatan istima', hiwar (percakapan), hafalan mufrodat, kegiatan best speaker. Kelas mutaqoddim melaksanakan kegiatan istima', penulisan makalah, latihan debat. (4) monitoring atau evaluasi; dilakukan kepada peserta kursus secara nonformal yaitu dengan penilaian akumulatif oleh tutor.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024