Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah sains siswa kelas V di MI An-Nur Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes dan studi dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah guru kelas V dan siswa kelas V MI An-Nur Kota Cirebon. Data penelitian ini dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa Kegiatan problem posing dilaksanakan oleh peneliti dan guru kelas V. Implementasi metode problem posing terdiri dari 5 tahapan, yaitu membahas masalah baru, mencatat dan menggambarkan temuan masalah, mengajukan soal, memilih salah satu soal untuk di prediksi solusinya dan mendiskusikan masalah dengan teman. Kemampuan pemecahan masalah sains siswa kelas V MI An-Nur yang mengikuti kegiatan problem posing dari 30 siswa terdapat 9 siswa yang memperoleh nilai tertinggi sebesar 100. Dari nilai siswa kelas V MI An-Nur Kota Cirebon tersebut menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti kegiatan metode problem posing memiliki respon yang sangat baik sesuai dengan indikator yang telah ditentukan.Kata Kunci : Metode Problem Posing, Kemampuan Pemecahan Masalah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023