ETNOLINGUAL
Vol. 8 No. 2 (2024): ETNOLINGUAL

APAKAH AUGMENTED REALITY DAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE BERPENGARUH PADA ANTUSIASME DAN AKSEPTANSI PEMBELAJARAN BAHASA SISWA SEKOLAH DASAR?

Kurniawati, Rikke (Unknown)
Suyatno (Unknown)
Yulianto, Bambang (Unknown)
Sudikan, Setya Yuwana (Unknown)
Baalwi, Muhammad Assegaf (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh teknologi Augmented Reality (AR) dan Artificial Intelligence (AI) terhadap antusiasme dan akseptansi siswa dalam pembelajaran bahasa di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain cross-sectional. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang didistribusikan kepada 200 siswa sekolah dasar di Sidoarjo. Analisis dilakukan menggunakan model Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Squares (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi AR dan AI berpengaruh signifikan terhadap antusiasme siswa, dengan nilai β sebesar 0,186 (p = 0,002) untuk AR dan β sebesar 0,649 (p = 0,000) untuk AI. Selain itu, AR juga berpengaruh langsung terhadap akseptansi siswa dengan nilai β sebesar 0,201 (p = 0,020), sementara AI berpengaruh terhadap akseptansi dengan β sebesar 0,223 (p = 0,012). Antusiasme siswa berperan sebagai mediator signifikan dalam hubungan antara penggunaan teknologi dan akseptansi, dengan pengaruh tidak langsung AI melalui antusiasme sebesar β = 0,149 (p = 0,003) dan AR sebesar β = 0,043 (p = 0,040). Nilai R² untuk antusiasme adalah 64,3%, dan untuk akseptansi adalah 35,8%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan AR dan AI mampu meningkatkan antusiasme dan akseptansi siswa terhadap pembelajaran bahasa. Kedua teknologi tersebut dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan personal, yang secara signifikan meningkatkan penerimaan siswa terhadap metode pembelajaran berbasis teknologi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ETNO

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Etnolingual is a journal that is focused on highlighting the links between language and culture of all societies in the world. Without limiting the topic of study in terms of culture only, other linguistic studies such as; First, Second and Foreign Language Teaching and Acquisition, Language ...