Capacitarea : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 4 No 3 (2024): September - Desember

Penerapan Inovasi Manajemen Usaha dan Pemasaran Digital pada Wisata Edukasi dan Produk Gerabah

Anom, Latifah (Unknown)
Safii, Abdul Azis (Unknown)
Rahayu, Susilowati (Unknown)
Murtini, Murtini (Unknown)
Alifah, Fatma Nova Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2024

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas manajemen usaha dan pemasaran digital pada para pengrajin gerabah serta pengelola wisata edukasi di Desa Rendeng, Kecamatan Malo, Kabupaten Bojonegoro. Melalui penerapan inovasi manajemen usaha dan strategi pemasaran berbasis digital, program ini diharapkan dapat membantu pelaku usaha lokal dalam mengoptimalkan potensi pasar melaalui inovasi produk gerabah dengan desain tokoh kartun. Metode yang digunakan mencakup pelatihan manajemen usaha, pemasaran digital, pelatihan inovasi produk gerabah bertema tokoh kartun dan anime, serta pendampingan, dan evaluasi berkelanjutan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan penerapan manajemen keuangan, pengelolaan usaha, serta kemampuan memasarkan produk melalui platform digital seperti media sosial dan marketplace. Meskipun ada tantangan dalam hal adaptasi teknologi, upaya ini telah membantu meningkatkan daya saing produk gerabah dan memperluas jangkauan pasar. Program ini memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan usaha lokal serta mendorong keberlanjutan dalam inovasi pemasaran digital dan manajemen usaha yang lebih efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

CAPACITAREA

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

CAPACITAREA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan Sekolah Pascasarjana Universitas Pancasila merupakan jurnal yang memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu-ilmu di bidang pengabdian kepada masyarakat. Lingkup bidang pengabdian kepada masyarakat ...