Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi siswa kelas 12 SMA Negeri 1 Ciranjang terhadap kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam meningkatkan kreativitas dan kolaborasi. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan 12 siswa yang dipilih secara purposive sampling, observasi pelaksanaan kegiatan P5, dan dokumentasi proyek siswa. Hasil analisis tematik menunjukkan bahwa siswa memiliki persepsi positif terhadap P5 sebagai media efektif untuk mengembangkan kreativitas melalui ide-ide inovatif dan kerja sama tim dalam menyelesaikan proyek berbasis masalah. Meskipun demikian, siswa menghadapi tantangan seperti keterbatasan waktu dan kebutuhan bimbingan guru yang lebih intensif. Kesimpulannya, kegiatan P5 berkontribusi signifikan dalam meningkatkan kreativitas dan kolaborasi siswa, meskipun implementasinya memerlukan perbaikan untuk mengoptimalkan hasil. Penelitian ini memberikan wawasan penting untuk pengembangan program P5 di masa mendatang dalam konteks Kurikulum Merdeka.
Copyrights © 2024