JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Vol 10, No 2 (2024)

Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas Va MI Ma’arif Bego

Hanifah, Nur (Unknown)
Syafriza, Azizatul Alif (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan dan menganalisispengaruhpolaasuh orang tuaterhadapprestasibelajarkelas VA MI Ma'arifBego. Denganlatarbelakangkurangnyaperhatian orang tuadalammemberikanpolaasuhterhadapsiswa, kurangnyakomunikasiantara guru kelasdengan orang tuadalammemonitoringsiswa dan kurangnyaperhatian orang tuadalammendampingisiswabelajar. Penelitianinimenggunakanmetodekuantitatifyaitupenelitianex-post factountukmengetahuihubungansebabakibat. Populasi dan sampelpenelitianyaitupesertadidiksejumlah 30 siswakelas VA di MI MaarifBego. Denganvariabelbebasatauindependenyaitupolaasuh orang tua. Variabelterikatatauvariabeldependenyaituprestasibelajarmatematikaberupanilairaport semester ganjilsiswa. Teknik dan instrumen data dengankuesioner dan dokumentasi. Uji validitasmenggunakankorelasi product moment dan uji reliabilitasmenggunakanCronbach’s Alpha. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas ,dan uji regresisederhana.Hasil penelitianmenunjukkanbahwaterdapatpengaruhpolaasuh orang tuaterhadapprestasibelajarmatematikasiswakelas V A. Faktor yang mempengaruhidarifaktor internal daridalamdirisiswa dan faktoreksternalyaitudariluarsiswa. Dengannilaisignifikansisebesar 0.000< 0.05 artinyamempengaruhivariabel Y. Nilai t hitung 3,718 > t tabel1,6 dengankonstribusinilai R Squresebesar 33 % bahwavaribelbebaspolaasuh orang tuaberpengaruhterhadapvaribelterikatprestasibelajarmatematika. Diharapkan guru selaluberusahamenyampaikanpembelajarandenganmudah, dan orang tuadapatmeluangkanwaktuuntukmendampingianakbelajar di rumah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS) diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu ...