Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SSCS untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP/MTs. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design dan dilaksanakan di SMP Terpadu Darul Dakwah kabupaten Mojokerto Tahun Ajaran 2020/2021. Uji Hipotesis menggunakan uji t sampel bebas, sedangkan analisis peningkatan kemampuan berpikir kritis menggunakan uji N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh model pembelajaran SSCS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan nilai signifikansi 0,000 kurang dari 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. 2) Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen mencapai nilai N-Gain Score 0,48 kategori sedang. Secara khusus, kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran SSCS membuat siswa aktif dalam pembelajaran melalui tahapan merumuskan masalah (search), merencanakan dan melaksanakan penyelesaian masalah (solve), mengolah data hasil penyelidikan (create), dan mengkomunikasikan solusi yang diperoleh (share). Sehingga penerapan model pembelajaran SSCS berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa.
Copyrights © 2024