Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui persentase kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pemanasan global. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Desain penelitian yang digunakan yaitu non- eksperimen design. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 Kecamatan Ketapang Kabupaten Sampang. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas VIII Tahun Ajaran 2020/2021, teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, dengan subjek penelitian sebanyak 15 siswa. Data yang diperoleh dengan menggunakan tes kemampuan berpikir kritis pada siswa. Tes yang diberikan yaitu tes uraian dengan indikator berpikir kritis yaitu 1) mendefinisikan istilah 2) mampu bertanya dan menjawab petanyaan yang membutuhkan penjelasan 3) memutuskan suatu tindakan dan 4)membuat dan mempertimbangkan nilai keputusan. Hasil dari penelitian persentase secara keseluruhan pada masing-masing indikator diperoleh yaitu pada indikator mengidentifikasi istilah 48,89 %, indikator bertanya dan menjawab pertanyaan yang membutuhkan penjelasan 48,89%, indikator memutuskan suatu tindakan 28,89% dan indikator membuat dan mempertimbangkan nilai keputusan yaitu 42,22%. Rata-rata perolehan persentase kemampuan berpikir kritis siswa yaitu cukup kritis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024