Abstrak: Dalam penelitian ini, metode kualitatif digunakan untuk melihat bagaimana Pendidikan karakter di sekolah dasar: Fondasi bagi generasi berintegrasi. dilaksanakan di SDN 1 Dane Rase untuk menciptakan pendidikan karakter pada kurikulum merdeka. Setelah dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi, data dianalisis melalui penyiapan, verifikasi, dan reduksi. Pendidikan karakter di sekolah dasar memainkan peran krusial dalam membentuk generasi yang berintegritas. Artikel ini membahas pentingnya implementasi nilai-nilai karakter dalam kurikulum pendidikan dasar, serta strategi yang dapat diterapkan oleh pendidik untuk menanamkan sikap dan perilaku positif pada siswa. Melalui pendekatan yang holistik, termasuk pengintegrasian nilai-nilai moral dalam kegiatan belajar mengajar, pembelajaran berbasis proyek, dan keterlibatan orang tua, pendidikan karakter tidak hanya membekali siswa dengan pengetahuan akademis, tetapi juga membangun fondasi etika dan moral yang kuat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menerima pendidikan karakter cenderung menunjukkan perilaku sosial yang lebih baik, kepedulian terhadap lingkungan, dan kemampuan beradaptasi dalam masyarakat Dengan demikian, pendidikan karakter di sekolah dasar diharapkan dapat menciptakan generasi muda yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki integritas dan tanggung jawab sosial yang tinggi.Abstract: In this study, qualitative methods are used to examine how character education in elementary schools serves as a foundation for an integrated generation. held at SDN 1 Dane Rase to create character education in the independent curriculum. After being collected through observation, interviews, and documentation, the data was analyzed through preparation, verification, and reduction. Character education in elementary schools plays a crucial role in shaping a generation with integrity. This article discusses the importance of implementing character values in the elementary education curriculum, as well as strategies that educators can apply to instill positive attitudes and behaviors in students. Through a holistic approach, including the integration of moral values in teaching and learning activities, project-based learning, and parental involvement, character education not only equips students with academic knowledge but also builds a strong ethical and moral foundation. Research results show that students who receive character education tend to exhibit better social behavior, environmental awareness, and adaptability in society. Thus, character education in elementary schools is expected to create a generation of young people who are not only academically intelligent but also possess high integrity and social responsibility.
Copyrights © 2024