Kegiatan ini bertujuan untuk mengukur efektivitas program pendampingan Ngaji Bersama (Ngabers) dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur'an pada anak-anak TPQ Al-Amin Desa Pasinan, Kecamatan Lekok, Pasuruan. Dengan menggunakan metode Participatory Action Research (PAR). Kegiatan ini melibatkan santri dan pengajar di TPQ sebagai agen utama, sementara tim pengabdian bertindak sebagai fasilitator. Program ini fokus pada pembelajaran Al-Qur'an dengan metode Iqro', yang mencakup berbagai materi seperti bacaan Al-Qur'an, sholat, tahlil, diba'iyyah, dan kitab kuning. Evaluasi dilakukan melalui monitoring capaian dan ujian kenaikan jilid. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa kegiatan ngaji bersama berjalan lancar dan memberikan dampak positif. Anak-anak desa Pasinan menunjukkan peningkatan dalam kemampuan membaca Al-Qur'an, dan program ini berhasil memotivasi mereka untuk belajar di luar jam sekolah. Meskipun ada tantangan terkait usia santri yang masih muda dan keterbatasan sarana, dukungan dari pemilik TPQ, ustadz-ustadzah, dan antusiasme santri menjadi faktor pendukung utama. Program ini dinyatakan berhasil karena memenuhi tujuan yang diharapkan dan memberikan kontribusi signifikan terhadap pembelajaran agama di masyarakat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024