Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaiamana peran guru agama Islam dalam menumbuhkan nilai religius pada peserta didik. Objek penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam. Metode yang telah digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah peran guru dalam mengevaluasi dalam segala aspek sangat diperlukan, tidak hanya dalam satu aspek saja akan tetapi secara menyeluruh, karena ketiga aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik harus berjalan bersamasama demi meraih hasil yang maksimal dalam pembelajaran. Guru memiliki tugas dan tanggung jawab dalam meningkatkan kognitif siswa, akan tetapi guru juga harus membentuk dan membina akhlak siswa sehingga terwujud nilai-nilai religius Islami. Kesimpulan, Sebagai motivator guru sangat berperan dalam membantu peserta didik dalam mewujudkan tujuan hidupnya secara optimal. Sebagai Implementator dapat melakukan beberapa upaya dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu mampu membuat perencanaan, pengorganisasian dan pelaksanaan perencanaan. Sebagai evaluator dalam menumbuhkan nilai-nilai religius siswa di SMK Excellent 1 Tangerang yaitu dengan memberikan evaluasi secara menyeluruh. Kata Kunci: Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, Nilai Relegius.
Copyrights © 2024