Jurnal Literasiologi
Vol 12 No 4 (2024): Jurnal Literasiologi

“Peran Supervisi Pengawas Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Kelas”

Haryaden, Haryaden (Unknown)
M.Nurzen.S, M.Nurzen.S (Unknown)
Mitra, Oki (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2024

Abstract

Supervisi pengawas sekolah merupakan elemen penting dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pengawas sekolah dalam mendukung pengembangan strategi pembelajaran yang efektif, meningkatkan kompetensi guru, serta menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi yang melibatkan pengawas sekolah, guru, dan kepala sekolah sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi yang dilakukan secara terencana, partisipatif, dan berkelanjutan dapat meningkatkan kualitas perencanaan pembelajaran, implementasi metode mengajar, dan evaluasi hasil belajar siswa. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya pelatihan dan pendampingan bagi pengawas sekolah untuk memastikan mereka mampu menjalankan peran supervisi secara optimal. Penelitian ini memberikan implikasi terhadap kebijakan pendidikan yang berfokus pada penguatan sistem supervisi untuk mendukung kualitas pendidikan yang berkelanjutan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

literasiologi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Mempublikasikan hasil diskusi literasi, penelitian literasi tentang ke-Indonesian; pendidikan, sosial dan budaya yang ada di Indonesia, atau pendidikan, sosial budaya Indonesia yang ada di dunia Internasional, suatu hal yang sangat menarik untuk memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia, dengan ...