Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 5 No. 6 (2024): Vol. 5 No. 6 Tahun 2024

PENINGKATAN KOMPETENSI BAHASA ARAB GURU RA MARIA ULFAH MELALUI PENDEKATAN GAMIFIKASI BERBASIS GENIALLY

Siti Jubaidah (Universitas Negeri Jakarta)
Raden Ahmad Barnabas (Universitas Negeri Jakarta)
Khambali Khambali (Universitas Negeri Jakarta)
Ahmad Rasyadan Rafif (Universitas Negeri Jakarta)
Lathifa Amalia Zikri (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2024

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertema: “Peningkatan Kompetensi Bahasa Arab Guru RA Maria Ulfah Melalui Pendekatan Gamifikasi Berbasis Genially". Kegiatan ini bertujuan untuk 1) meningkatkan kompetensi guru RA Maris Ulfah dalam membaca bahasa arab melalui media pembelajaran genially yang efektif dan menarik. 2) Memberikan pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan Gamifikasi menggunakan genially untuk materi membaca bahasa arab. Dengan mempertimbangkan dan memahami pentingnya kompetensi guru dalam membaca bahasa arab serta keterampilan penggunaan media pembelajaran genially untuk guru dalam proses mengajar. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dengan pelatihan membaca bahasa arab untuk guru dengan media pembelajaran menggunakan genially yang efektif, interaktif, dan menarik dengan pendekatan gamifikasi. Untuk mencapai tujuan tersebut, kegiatan ini dikemas dalam bentuk pelatihan pendidikan yang meliputi seminar penyampaian materi dan workshop disertai dialog interaktif. Selain itu, juga diberikan materi-materi tentang konsep dan teknik membaca bahasa arab dengan baik melalui gamifikasi serta teknik pembuatan media pembelajaran interaktif yaitu game atau permainan berdasarkan pendekatan Gamifikasi. Selama mengikuti pelatihan, peserta diberikan materi dan diberikan pendampingan dalam pembuatan permainan edukatif tentang materi Membaca bahasa arab. Khalayak sasaran dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah para guru RA Maria Ulfah, kegiatan dibuat dalam bentuk pelatihan dan pendidikan yang akan dilaksanakan oleh tim dosen dan mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta terhadap para guru RA Maria Ulfah. Dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini, dapat disimpulkan bahwa guru dan mahasiswa menunjukkan antusiasme dalam pembuatan media pembelajaran interaktif, terdapat peningkatan wawasan dalam mengimplementasikan media berbasis gamifikasi untuk meningkatkan pengetahuan membaca Bahasa Arab, kesadaran menyikapi perkembangan teknologi informasi di era industri 4.0 di kalangan mahasiswa semakin meningkat, terbentuknya pemahaman membaca Bahasa Arab melalui media pembelajaran interaktif berbasis gamifikasi, serta terjalinnya silaturahmi dan komunikasi yang baik antara guru dan mahasiswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...