Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertema: “Peningkatan Kompetensi Bahasa Arab Guru RA Maria Ulfah Melalui Pendekatan Gamifikasi Berbasis Genially". Kegiatan ini bertujuan untuk 1) meningkatkan kompetensi guru RA Maris Ulfah dalam membaca bahasa arab melalui media pembelajaran genially yang efektif dan menarik. 2) Memberikan pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan Gamifikasi menggunakan genially untuk materi membaca bahasa arab. Dengan mempertimbangkan dan memahami pentingnya kompetensi guru dalam membaca bahasa arab serta keterampilan penggunaan media pembelajaran genially untuk guru dalam proses mengajar. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dengan pelatihan membaca bahasa arab untuk guru dengan media pembelajaran menggunakan genially yang efektif, interaktif, dan menarik dengan pendekatan gamifikasi. Untuk mencapai tujuan tersebut, kegiatan ini dikemas dalam bentuk pelatihan pendidikan yang meliputi seminar penyampaian materi dan workshop disertai dialog interaktif. Selain itu, juga diberikan materi-materi tentang konsep dan teknik membaca bahasa arab dengan baik melalui gamifikasi serta teknik pembuatan media pembelajaran interaktif yaitu game atau permainan berdasarkan pendekatan Gamifikasi. Selama mengikuti pelatihan, peserta diberikan materi dan diberikan pendampingan dalam pembuatan permainan edukatif tentang materi Membaca bahasa arab. Khalayak sasaran dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah para guru RA Maria Ulfah, kegiatan dibuat dalam bentuk pelatihan dan pendidikan yang akan dilaksanakan oleh tim dosen dan mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta terhadap para guru RA Maria Ulfah. Dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini, dapat disimpulkan bahwa guru dan mahasiswa menunjukkan antusiasme dalam pembuatan media pembelajaran interaktif, terdapat peningkatan wawasan dalam mengimplementasikan media berbasis gamifikasi untuk meningkatkan pengetahuan membaca Bahasa Arab, kesadaran menyikapi perkembangan teknologi informasi di era industri 4.0 di kalangan mahasiswa semakin meningkat, terbentuknya pemahaman membaca Bahasa Arab melalui media pembelajaran interaktif berbasis gamifikasi, serta terjalinnya silaturahmi dan komunikasi yang baik antara guru dan mahasiswa.
Copyrights © 2024