Jurnal Visi Ilmu Pendidikan
Vol 16, No 3 (2024): Oktober 2024

REVOLUSI INFORMASI KARIR : MENGGUNAKAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA INFORMASI DALAM PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS X DI SMA ISLAM BAWARI PONTIANAK

Nursiani, Astri (Unknown)
Yuline, Yuline (Unknown)
Putri, Amallia (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2025

Abstract

Pentingnya penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengembangankan produk media informasi karir berbasis platform YouTube yang dapat membantu peserta didik kelas X dalam merencanakan karir setelah SMA yang dimulai dengan pemilihan mata pelajaran pada kurikulum merdeka saat ini. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Islam Bawari Pontianak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar instrumen kelayakan ahli materi, lembar instrumen kelayakan ahli media, lembar instrumen kelayakan calon pengguna dan lembar instrumen respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media informasi karir berbasis platform YouTube layak untuk digunakan melalui hasil validasi oleh ahli materi, ahli media, calon pengguna dengan perolehan skor rata-rata 4,5 masuk kedalam kategori “sangat valid”. Maka hasil ini juga dapat disimpulkan bahwa produk media informasi karir berbasis platform YouTube dapat menjadi alternatif media layanan informasi karir.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jvip

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Visi Ilmu Pendidikan published manuscripts on research in education, particularly related to teaching and learning, theory and practice in education, education policy, curriculum and materials development, education on culture and characters of nation, teacher education, and other relevant ...