Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VI SD Inpres 3 Tondo pada pembelajaran IPAS menggunakan media Wordwall. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan siswa dari 68% pada siklus I menjadi 84% pada siklus II, serta peningkatan rata-rata nilai siswa dari 72 menjadi 85, dengan 90% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penggunaan fitur interaktif seperti "open the box" dan kuis berbasis visual pada Wordwall terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa. Integrasi Wordwall dengan model pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning) mendukung kolaborasi dan pengembangan keterampilan berpikir kritis siswa. Media Wordwall memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan relevan dengan tuntutan pendidikan abad ke-21, sehingga direkomendasikan sebagai solusi inovatif dalam pembelajaran IPAS dan mata pelajaran lainnya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024