Edu Research : Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 5 No 4 (2024): EDU RESEARCH

INOVASI PEMBELAJARAN IPAS MELALUI GAMES EDUKATIF BERBASIS TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VI SD INPRES 3 TONDO

Nurfaiza (Unknown)
Sri Mulyani Sabang (Unknown)
Asnaredin Manitu (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VI SD Inpres 3 Tondo pada pembelajaran IPAS menggunakan media Wordwall. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan siswa dari 68% pada siklus I menjadi 84% pada siklus II, serta peningkatan rata-rata nilai siswa dari 72 menjadi 85, dengan 90% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penggunaan fitur interaktif seperti "open the box" dan kuis berbasis visual pada Wordwall terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa. Integrasi Wordwall dengan model pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning) mendukung kolaborasi dan pengembangan keterampilan berpikir kritis siswa. Media Wordwall memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan relevan dengan tuntutan pendidikan abad ke-21, sehingga direkomendasikan sebagai solusi inovatif dalam pembelajaran IPAS dan mata pelajaran lainnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

EDU RESEARCH : Jurnal Penelitian Pendidikan merupakan jurnal yang diterbitkan oleh IICLS (Indonesian Institute for Corporate Learning and Studies), dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta sharing perkembangan ilmu pengetahuan. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah dipublikasikan ...