Desa Pamokolan memiliki berbagai macam UMKM yang dapat membantu perekonomian warga sekitar. Begitu pentingnya keberadaan UMKM di zaman era digital ini, sehingga dibutuhkan upaya dalam peningkatan pemahaman mengenai hal-hal terkait digitalisasi. Sehingga dalam pengabdian ini akan dilakukan sosialisasi terkait strategi pemasaran digital dan redesign kemasan. Adapun tujuan dari pengabdian ini adalah adanya peningkatan pemahaman di kalangan pemilik UMKM Desa Pamokolan terkait dengan strategi pemasaran digital dan redesign kemasan. Pengabdian dilakukan pada bulan Agustus 2024 kepada 19 orang pemilik UMKM di Desa Pamokolan. Metode yang dilakukan adalah presentasi dan sosialisasi. Adapun tahapan pelaksanaan kegiatan dimulai dengan pretest, selanjutnya sosialisasi mengenai strategi digital marketing dan redesign kemasan, dan kemudian dilakukan posttest. Berdasarkan evaluasi diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan pemahaman mengenai pemasaran digital dan redesign kemasan dengan peningkatan nilai dari rata-rata 55 menjadi 70 atau kenaikan sebesai 27%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan memiliki pengaruh dalam meningkatan pemahaman mengenai pemasaran digital dan redesign kemasan pada pemilik UMKM di Desa Pamokolan
Copyrights © 2025