MERDEKA: Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Vol. 2 No. 3 (2025): Februari

EFEKTIVITAS PODCAST SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SELAMA PROSES BELAJAR

Zidha Khira Himmah (Unknown)
Tiffani Lovely (Unknown)
Choirunisa Dwi Kusumawardhani (Unknown)
Mustaqimah (Unknown)
Amalia Naim Afifah (Unknown)
Dini Rona Ayuni (Unknown)
Ahmad Nurrohim (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2025

Abstract

Podcast sebagai media audio-visual dapat meningkatkan pemahaman siswa dengan cara yang menarik dan fleksibel sehingga mendukung pembelajaran multisensori yang meningkatkan daya ingat dan pemahaman. Podcast juga memberikan fleksibilitas belajar kapan saja dan di mana saja, mendukung kemandirian siswa, serta memungkinkan pembelajaran yang lebih kreatif dan sesuai dengan kebutuhan individu. Penulisan artikel ini bertujuan mengetahui seberapa efektivitas podcast sebagai media pembelajaran berbasis Al-Qur’an untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan studi kepustakaan komprehensif terhadap artikel ilmiah dan buku yang relevan dengan topik penelitian. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan podcast berbasis al-Quran dapat menjadi metode pembelajaran inovatif yang efektif jika dikembangkan dengan baik dan diintegrasikan secara holistik dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

merdeka

Publisher

Subject

Other

Description

MERDEKA: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Jurnal ini merupakan jurnal ilmiah multidisiplin yang bersifat peer-review dan terbuka. Jurnal ini terbit 6 kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember. Fokus dan ruang lingkupnya meliputi: Ilmu Sosial, Humaniora, ...