Journal of Management and Innovation Entrepreneurship (JMIE)
Vol. 2 No. 1 (2024): Oktober

MAXIMIZING THE QUALITY OF PRODUCT INFORMATION AND PRODUCT SERVICE QUALITY IN GENERATING CONSUMER PURCHASING INTEREST AT THE JOBAN KURMA STORE

Sutopo, Sutopo (Unknown)
Sudianto, Sudianto (Unknown)
Hamid, Abdul (Unknown)
Anang Martoyo (Unknown)
Kartiwa, Cece Enjang (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peranan kualitas informasi produk dan kualitas layanan produk dalam mempengaruhi minat beli konsumen di Toko Joban Kurma. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan survei sebagai alat pengumpulan data. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah berbelanja di Toko Joban Kurma yang dipilih secara acak. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi untuk mengukur sejauh mana kualitas informasi produk dan kualitas layanan produk mempengaruhi minat beli konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua variabel yaitu kualitas informasi produk dan kualitas layanan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Kualitas informasi produk yang meliputi kejelasan deskripsi produk, keakuratan informasi, dan tersedianya detail produk yang relevan terbukti dapat meningkatkan keyakinan konsumen dan membantu mereka dalam mengambil keputusan pembelian. Di sisi lain, kualitas layanan produk yang meliputi aspek-aspek seperti kecepatan layanan, keramahan staf, dan kemudahan proses transaksi juga menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen. Semakin baik pengalaman yang dirasakan konsumen dalam hal layanan, maka semakin tinggi pula kemungkinan konsumen untuk melakukan pembelian ulang atau merekomendasikan toko tersebut kepada orang lain. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi pengelola Toko Joban Kurma dan pelaku usaha ritel pada umumnya untuk lebih memperhatikan kedua aspek tersebut dalam upaya meningkatkan daya tarik produk dan layanannya di mata konsumen. Kata Kunci: Kualitas Informasi Produk, Kualitas Layanan Produk, Minat Beli Konsumen

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jmie

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences Other

Description

Journal of Management and Innovation Entrepreneurship (JMIE) is a national journal as a scientific study media results of research, thinking, and critical-analytical studies on research in the fields of marketing management, financial management, SDM management, operations/production management, ...