Jurnal Pengabdian Masyarakat As-salam
Vol. 4 No. 2 (2024): Jurnal Pengabdian Masyarakat As-Salam (JPMA)

WORKSHOP: PENULISAN JURNAL HARIAN BERBASIS EDUTECH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS RECOUNT

Ayu, Fitri (Unknown)
Batubara, Muhammad Hasyimsyah (Unknown)
Kifli, Barli (Unknown)
Nasution, Nazlah Syahaf (Unknown)
Malay, Irvan (Unknown)
Isnaeni, Diah Mutiara (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris siswa kelas X di SMA Panca Budi. Targetnya adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks recount dalam bahasa Inggris. Ditemukan bahwa siswa menghadapi kesulitan dalam menulis tentang pengalaman mereka dalam bahasa Inggris. Penggunaan jurnal harian berbasis edutech diusulkan sebagai solusi yang efektif karena kebiasaan menulis jurnal membantu siswa untuk melatih keterampilan bercerita. Metode kegiatan pelatihan ini didesain dari perencanaan, tindakan, dan evaluasi pelatihan penulisan jurnal harian berbasis edutech. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa nilai tes awal siswa yang rata-rata 70,62. Nilai tersebut meningkat menjadi 82,03 pada tes siklus pertama dan 94,37 pada tes siklus kedua, dengan tingkat kelulusan 100%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan kebiasaan menulis jurnal berbasis edutech terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks recount.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPMA

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat As-Salam (JPMA) adalah menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui program pengabdian atau layanan kepada masyarakat untuk mengembangkan teori keilmuan, konsep pemikiran, model, dan hasil penelitian. Pengabdian atau ...