JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 10, No 4 (2024): JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan

Alam dan ilmu berpadu: inovasi kurikulum SMP IT Alam Nurul Islam Yogyakarta untuk tingkatkan softskill

Alfarizi, Amirul Hakim (Unknown)
Istighfari, Ulya Tsani (Unknown)
Afifah, Laili Khiyarul (Unknown)
Aini, Aisyah Nurul (Unknown)
Arfinanti, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengembangan soft skills dalam manajemen kurikulum berbasis alam memberikan dampak positif terhadap mutu pembelajaran. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah wakil kepala sekolah bidang kurikulum SMP IT Alam Nurul Islam. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tiga tahap: pertama, tahap pra-kerja lapangan; kedua, tahap kerja lapangan; dan ketiga, analisis data. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, sekolah tidak hanya mengutamakan prestasi akademik tetapi juga berfokus pada pengembangan soft skills siswa. Berbagai inovasi diterapkan untuk melatih berpikir kritis, adaptabilitas, kerja sama tim, komunikasi, dan pengembangan profesional minat dan bakat siswa. Kesimpulannya, penerapan manajemen kurikulum berbasis alam mendukung peningkatan soft skills sekaligus mencapai capaian pembelajaran akademik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan merupakan jurnal yang mengkaji tentang pendidikan Indonesia secara komprehensif baik pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi. Bahasan kajian yang akan dikaji meliputi hal-hal terkait paedagogik, metode pembelajaran, ...