Journal of Classroom Action Research
Vol. 6 No. 4 (2024): November 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Fadilah, Fanny (Unknown)
Arjudin (Unknown)
Triutami, Tabita Wahyu (Unknown)
Sripatmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Taliwang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Taliwang tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 3 kelas yakni kelas VIII-A 21 siswa, kelas VIII-B 22 siswa dan kelas VIII-C 25 siswa dengan sampel kelas VIII-A dan VIII-B yang dipilih menggunakan teknik cluster sampling. Instrumen penelitian berupa lembar tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan signifikansi 5%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning yaitu 82,60 lebih besar dari rata-rata hasil belajar kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung yaitu 71,86. Hasil perhitungan uji-t separated varians diperoleh sebesar 4,729 dan dibandingkan dengan nilai sebesar 2,019. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa . Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi teorema Pythagoras kelas VIII SMP Negeri 5 Taliwang tahun ajaran 2023/2024. Kata kunci: model problem based learning, hasil belajar, pembelajaran langsung,

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...