Pentingnya analisis kebutuhan yang komprehensif untuk menentukan tujuan pembelajaran yang relevan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran kelas rangkap.. Penelitian ini mengeksplorasi penerapan prinsip manajemen POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) dalam pembelajaran kelas rangkap di Sanggar Bimbingan Malaysia. Dengan menghadapi tantangan keterbatasan sumber daya dan kebutuhan siswa yang beragam, penelitian ini menggunakan metode kajian literatur untuk menganalisis studi terkait. Hasilnya menunjukkan bahwa perencanaan terstruktur berbasis kebutuhan siswa, pengorganisasian sumber daya yang efektif, pelaksanaan pembelajaran inovatif, dan monitoring sistematis meningkatkan efektivitas pembelajaran. Dengan mengintegrasikan pendekatan kolaboratif dan berbasis budaya, manajemen POAC mendukung peningkatan keterlibatan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini memperluas pemahaman tentang manajemen pendidikan nonformal dan memberikan rekomendasi praktis untuk mengoptimalkan model pembelajaran kelas rangkap dalam konteks keterbatasan sumber daya
Copyrights © 2024