Penelitian ini bertujuan untuk melihat Strategi Guru Agama Hindu dalam meningkatkan Etika Siswa Melalui Ajaran Tri Kaya Parisudha di SDN 38 Mataram. Pembelajaran dibagi menjadi dua kelas. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Implementasi Ajaran Tri Kaya Parisudha dalam meningkatkan Etika Siswa di SDN 38 Mataram; 2) Kendala yang Dihadapi Guru Agama Hindu dalam meningkatkan Etika Siswa Melalui Ajaran Tri Kaya Parisudha di SDN 38 Mataram; 3) Strategi guru Agama Hindu dalam meningkatkan Etika Siswa Melalui Ajaran Tri Kaya Parisudha di SDN 38 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara keseluruhan siswa di SDN 38 Mataram terutama kelas IV, V, dan VI sudah mampu menerapkan ajaran tri kaya parisudha dengan baik, tetapi masih ada juga beberapa siswa yang belum mampu menerapkan ajaran tersebut dengan baik, adapun kendala yang dihadapi yaitu dari faktor guru seperti penggunaan strategi dan metode pembelajaran yang belum digunakan sesuai karakteristik siswa, selain itu dari faktor siswa juga merasa bosan atau jenuh saat pembelajaran berlangsung. Pada saat pembelajaran berlangsung, guru menggunakan metode problem based learning dan penggunaan media berupa vidio pembelajaran, serta sumber belajar berupa LKS dan sebelum pembelajaran berakhir guru melakukan evaluasi.
Copyrights © 2024