Jurnal Pengabdian Masyarakat STKIP AL MAKSUM LANGKAT
Vol 5 No 1 (2024): JPKM

WORKSHOP PENYUSUNAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA DI SMK BINTANG LANGKAT

Puji Anggraini, Dini (Unknown)
Sukma Zuliani Nasution, Unita (Unknown)
Haryati, Haryati (Unknown)
Purba, Azrina (Unknown)
Taufiqurrahman, Taufiqurrahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Salah satu alasan mengapa guru menghadapi kesulitan menyusun modul ajar kurikulum merdeka adalah karena belum ada workshop yang membahas tentang masalah ini di lingkungan sekolah. Modul ajar, yang didasarkan pada silabus, adalah rencana pembelajaran komprehensif untuk materi atau tema tertentu. Sebagian besar, modul pembelajaran terdiri dari beberapa pertemuan atau untuk satu pertemuan. Kegiatan workshop ini dimaksudkan untuk membantu guru mengetahui perbedaan antara modul ajar kurikulum merdeka dan rencana pelaksanaan pembelajaran kurikulum K13, serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam pembuatan modul ajar kurikulum merdeka. Kegiatan ini dilakukan melalui (1) penyuluhan tentang modul ajar dan elemen yang terdapat didalamnya, dan (2) memberikan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru tentang bagaimana membuat modul ajar yang sesuai dengan kurikulum merdeka melalui tugas penyusunan modul ajar. Dari hasil pengabdian yang telah dilakukan di SMK Bintang Langkat, sebanyak 30 orang guru mengikuti secara aktif dalam kegiatan penyuluhan dan guru telah mampu membuat modul ajar kurikulum merdeka. Produk luaran yang dibuat adalah modul ajar kurikulum merdeka yang dapat digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpkm

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Tujuan Jurnal ini untuk memfasilitas para akademisi dan juga menambah khasana terbitan pengabdian masyarakat yang berbentuk jurnal untuk memperkayah jurnal pengabdian Masyarrakat. adapun ruang lingkup yang menjadi fokus utama pada bidang ...